Jumat, 09 November 2012

rumusan 8 2012


RUMUSAN HASIL BAHTSUL MASAIL 
PUTARAN KE - 8
OKTOBER  2012

1.      Wasiat pengasuhan anak
Ada sepasang suami istri sudah dikaruniai 2 anak. Suatu hari sang istri meninggal dunia dan sebelumnya sudah berwasiat kepada saudara-saudaranya agar mengasuh anaknya sampai dewasa, merekapun siap. Beberapa lama kemudian sang suami meninggal dunia juga dan sebelumnya juga berwasiat yang sama kepada saudara-saudaranya sehingga terjadi perselisihan antara keluarga suami dan istri tentang hak pengasuhan anak mereka.
Pertanyaan:
a.       Apakah menyuruh mengasuh anak itu termasuk wasiat yang harus dikerjakan?
b.      Siapakah yang berhak melaksanakan wasiat tersebut di antara kedua bekah pihak?
c.       Termasuk kategori hukum apakah pengasuhan tersebut, hadhanah atau kafalah atau yang lainnya?

Jawaban :
a.       Tidak termasuk wasiat karena tidak ada kaitan tabaru’ harta benda . Hal tersebut bisa dikatagorikan Isho’ .

 الباجورى جز 2 ص 82
( قوله وسبق معناها لغة وشرعا ) فمعناها لغة الايصال .... وشرعا لا بمعنى الايصاء تبرع بحق مضاف لما بعد الموت ولو تقديرا ..... وبمعنى الاصاء اثبات تصرف مضاف لما بعد الموت ولو تقديرا وان لم يكن فيه تبرع كالايصاء بالقيام على امر اطفاله ورد ودائعه وقضاء ديونه فأنه لا تبرع في شيء من ذالك
تنوير القلوب ص: 338
(تنبيه) الإيصاء هو إثبات تصرف مضاف لما بعد الموت وإن لم يكن فيه تبرع كالإيصاء بالقيام على أمر أطفاله ورد ودائعه وقضاء ديونه فإنه لا تبرع في شئ من ذلك وقديشتمل على تبرع كالإيصاء بتنفيذ وصاياه اهـ
الباجورى جز 2 ص 88
…(وتصح الوصية) اى الايصاء بقضاء الديون وتنفيذ الوصايا والنظر في الاطفال (الا من) اى شخص (اجتمعت فيه خمس خصال الاسلام والبلوغ والعقل والحرية والامانة) واكتفى بها المصبف عن العدالة فلا يصح الايصاء لاضداد من ذكر لكن الاصح جواز وصية ذمىّ الى ذمىّ عدل فىدينه على اولاده الكفار
 (قوله خمس خصال) وفى بعض النسخ خمس شرائط وترك سادسا وهو القدرة على التصرف والاهتداء اليه وسيذكره الشارح بقوله ويشترط ايضا فىالوصىّ ان لا يكون عاجزا عن التصرف وترك سابعا ايضا وهو عدم العداوة بينه وبين المحجور عليه واما العدالة فقد استغنى المصنف عنها بالامانة كما ذكره الشارح حيث قال بعد الامانة واكتفى به المصنف عن العدالة وكذلك الشيخ الخطيب حيث قال بعد الامانة وعبر عنها بعضهم بالعدالة وبهذا تعرف ما فىقول المحشى اى بعد الاعتبار العدالة والاهتداء الى التصرف وعدم العداوة بين المحجور عليه والولى لانه يقتضى انه يزاد ثلاثة شروط على الخمسة فتكون الجملة ثمانية بناء على معايرة العدالة للامانة وليس كذلك (قوله الايصاء بقضاء الديون وتنفيذ الوصايا) اىونحو ذلك كرد الودائع والعوار والمغصوب وقوله والنظر في امر الاطفال اى ونحوهم كالمجنون والسفيه والايصاء المذكور سنة الا فىقضاء حق عجز عنه حالا وليس به شهود فانه يجب حينئذ لان ترك الايصاء به يؤدّى الى ضياعه

b.      Mengacu pada jawaban a. hak asuh anak sesuai dengan ketentuan hadhonah bukan atas dasar wasiat .
c.       Termasuk hadhonah .
Referensi .

حاشية الجمل - (ج 19 / ص 454)
( فَصْلٌ ) فِي الْحَضَانَةِ وَتَنْتَهِي فِي الصَّغِيرِ بِالتَّمْيِيزِ وَمَا بَعْدَهُ إلَى الْبُلُوغِ تُسَمَّى كَفَالَةً كَذَا قَالَهُ الْمَاوَرْدِيُّ وَقَالَ غَيْرُهُ تُسَمَّى حَضَانَةً أَيْضًا ( الْحَضَانَةُ ) بِفَتْحِ الْحَاءِ لُغَةً الضَّمُّ مَأْخُوذَةٌ مِنْ الْحِضْنِ بِكَسْرِهَا ، وَهُوَ الْجَنْبُ لِضَمِّ الْحَاضِنَةِ الطِّفْلَ إلَيْهِ وَشَرْعًا ( تَرْبِيَةُ مَنْ لَا يَسْتَقِلُّ ) بِأُمُورِهِ بِمَا يُصْلِحُهُ وَيَقِيهِ عَمَّا يَضُرُّهُ وَلَوْ كَبِيرًا مَجْنُونًا كَأَنْ يُتَعَهَّدَ بِغَسْلِ جَسَدِهِ وَثِيَابِهِ وَدَهْنِهِ وَكَحْلِهِ وَرَبْطِ الصَّغِيرِ فِي الْمَهْدِ وَتَحْرِيكِهِ لِيَنَامَ ( وَالْإِنَاثُ أَلْيَقُ بِهَا ) ؛ لِأَنَّهُنَّ أَشْفَقُ وَأَهْدَى إلَى التَّرْبِيَةِ وَأَصْبَرُ عَلَى الْقِيَامِ بِهَا ( وَأَوْلَاهُنَّ أُمٌّ ) لِوُفُورِ شَفَقَتِهَا ( فَأُمَّهَاتٌ لَهَا وَارِثَاتٌ ) ، وَإِنْ عَلَتْ الْأُمُّ تُقَدَّمُ ( الْقُرْبَى فَالْقُرْبَى فَأُمَّهَاتُ أَبٍ كَذَلِكَ ) أَيْ وَارِثَاتٌ ، وَإِنْ عَلَا الْأَبُ تُقَدَّمُ الْقُرْبَى فَالْقُرْبَى.....

2.      Khatib jum’at meninggalkan rukun/syarat khutbah
Khutbah jum’at termasuk salah satu syarat sahnya shalat jum’at. Dalam khutbah tersebut ditentukan rukun dan syarat sahnya. Berkaitan dengan hal tersebut, terjadi dalam pelaksanaan shalat jum’at seorang khatib meninggalkan salah satu syarat atau rukun khutbah sehingga ma’mum yang mengetahui  shalat lagi di rumahnya dengan niat shalat dzuhur.
Pertanyaan:
a.       Wajibkah ma’mum mengingatkan khatib tersebut? Dan bagaimana caranya?
b.      Kalau khatib diingatkan tetap tidak menghiraukan, apa yang harus dilakukan ma’mum selanjutnya?
Jawaban :
a.       Wajib mengingatkan dengan cara cara yang bijaksana.
Referensi :
الفتاوي الفقهية الكبرى الجزء الأول ص: 186
 (وسئل) رضي الله عنه عمن علم بنجاسة بمسجد هل يجب عليه إعلام الناس بها أو من قصد مكانها فقط (فأجاب) بقوله : يجب عليه هو إزالتها فورا ولا يجوز له التأخير إلى أن يعلم الناس بها وعبارتي في شرح العباب : وإنما لم يجب إزالة بصاق رآه في المسجد كمن رأى نجاسة فيه أي غير معفو عنها كذرق الطير فإنه يجب عليه عينا إزالتها فورا لأنها أفحش انتهت . - إلى أن قال - (وسئل) رضي الله عنه عمن علم بنجاسة بمسجد هل يلزمه إعلام الناس بها أو بمحلها ؟ (فأجاب) بقوله : من علم بنجاسة في المسجد لزمه إزالتها فورا ومتى قصر في ذلك أو تراخى فيه من غير عذر أثم ومن رأى مصليا بنجس لا يعفى عنه في ثوبه أو مكانه - لزمه إعلامه فإن تحقق أنه ناس له فالذي يتجه - أخذا من قولهم : يسن إيقاظ النائم للصلاة ولا يجب وإن ضاق الوقت - أنه لا يجب إعلامه بل يسن .
الموسوعة الفقهية ج: 20 ص: 322
( الألفاظ ذات الصلة ) : 4 - أ - الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر : الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر أوسع دلالة من " الدعوة " , إذ أن " الدعوة إلى الله " أمر بالمعروف الأكبر الذي هو الإيمان والصلاح , ونهي عن المنكر الأكبر الذي هو الكفر بالله والإشراك به ومعصيته . ( والدعوة ) تهدف إلى الإقناع والوصول إلى قلوب المدعوين للتأثير فيها حتى تتحول عما هي عليه من الإعراض أو العناد , إلى الإقبال والمتابعة , أما الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر فقد يهدف إلى ذلك , وقد يهدف إلى مجرد وجود المعروف وزوال المنكر , سواء أحصل الاقتناع والمتابعة أم لم يحصلا . وعلى هذا فالدعوة أخص من الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر . ب - الجهاد : 5 - الجهاد القتال لإعلاء كلمة الله , وهو من باب الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر , والجهاد فعل , والجهاد ليس هو الدعوة , بل الدعوة مطالبة الكافر ونحوه بالإيمان والاتباع , والدعوة واجبة قبل القتال , كما سيأتي . ج - الوعظ : 6 - الوعظ والعظة : النصح والتذكير بالعواقب , قال ابن سيدة : هو تذكيرك للإنسان بما يلين قلبه من الثواب والعقاب . فهو أخص من الدعوة , إذ الدعوة تكون أيضا بالمجادلة والمحاورة وكشف الشبه وتبليغ الدين مجردا . حكم الدعوة : 7 - الدعوة إلى الله تعالى فرض لازم , لقوله تعالى { ادع إلى سبيل ربك بالحكمة والموعظة الحسنة } ولقوله تعالى : { قل هذه سبيلي أدعو إلى الله على بصيرة أنا ومن اتبعني } وقوله : { ولتكن منكم أمة يدعون إلى الخير ويأمرون بالمعروف وينهون عن المنكر وأولئك هم المفلحون } واختلف في وجوب الدعوة إلى الله هل هو عيني أم كفائي . وتفصيله ذكر في مصطلح : " أمر بالمعروف "

b.        Bagi yang mengetahui Wajib mengulang jumatan apabila masih mungkin , bila tidak mungkin  maka harus sholat dhuhur .

إعانة الطالبين - (ج 2 / ص 66)
(قوله: بطلت جمعة الكل) أي وإن كان المحدث هو الآخر، وإن ذهب الاولون إلى أماكنهم، فيلزمهم إعادتها جمعة إن أمكن، وإلا فظهرا، - كما في البجيرمي

3.        Praktik Berqurban Organisasi/Instansi
Praktik berqurban yang dilakukan oleh suatu organisasi/instansi pemerintah atau swasta merupakan program tahunan sebagai upaya kepedulian terhadap kaum duafa’. Biasanya dana qurban dialokasikan dari kas organisasi/kas negara.
Pertanyaan:
a.     Bolehkah dana qurban dialokasikan dari kas organisasi/kas Negara?
b.    Kalau boleh, kepada siapakah qurban tersebut seharusnya diperuntukkan? Dan siapakah yang berhak  menentukan?
Jawaban
a.       Kas Negara  apabila kondisinya  memungkinkan untuk dialokasikan pada program dimaksud , adapun kas organisasi tidak diperbolehkan untuk program qurban kecuali ada kesepakatan semua anggota .
Dasar Pengambilan Hukum:
تحفة المحتاج على شرح المنهاج، جـ8، صـ
وَيُسَنُّ لِلْإِمَامِ أَنْ يُضَحِّيَ مِنْ بَيْتِ الْمَالِ عَنْ الْمُسْلِمِينَ بَدَنَةً فِي الْمُصَلَّى وَأَنْ يَنْحَرَهَا بِنَفْسِهِ رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَإِنْ لَمْ تَتَيَسَّرْ بَدَنَةٌ فَشَاةٌ وَإِنْ ضَحَّى عَنْهُمْ مِنْ مَالِهِ ضَحَّى حَيْثُ شَاءَ ا هـ
نهاية المحتاج، جـ8، صـ 144
وَإِنَّ لِلْإِمَامِ الذَّبْحَ عَنْ الْمُسْلِمِينَ مِنْ بَيْتِ الْمَالِ إنْ اتَّسَعَ ، وَلَا يَرُدُّ ذَلِكَ عَلَيْهِ لِأَنَّ الْإِشْرَاكَ فِي الثَّوَابِ لَيْسَ أُضْحِيَّةً عَنْ الْغَيْرِ، وَبَعْضُ أَهْلِ الْبَيْتِ وَالْإِمَامُ جَعَلَهُمَا الشَّارِعُ قَائِمَيْنِ مَقَامَ الْكُلِّ ، وَحَيْثُ امْتَنَعَتْ عَنْ الْغَيْرِ وَقَعَتْ عَنْ الْمُضَحِّي إنْ كَانَتْ مُعَيَّنَةً وَإِلَّا فَلَا

b.        Bagi Imam boleh  berqurban dari kas Negara untuk seluruh kaum muslimin baik dengan kambing , sapi atau unta . Adapun bagi organisasi  harus berdasar kesepakatan dan sesuai  dengan ketentuan qurban (kambing untuk 1 orang, Sapi/ Unta untuk 7 orang). Penentunya yang berhak dalam organisasi sesuai dengan ad/art dan kesepakatan.
Dasar Pengambilan Hukum:
شرواني، جـ9، صـ349
وكذا يقال فيما لو اشترك أكثر من سبعة فى بقرتين مشاعتين او بعيرين كذلك لم يجز عنهم لأن كل واحد منهم لم يخصه سبع بقرة او بعير من كل واحد من ذلك اهـ وكذا فى بداية المجتهد، جـ1، صـ 318
بغية المسترشدين، صـ257
قال الخطيب و م ر وغيرهما لو اشرك غيره فى ثواب اضحيته كأن قال عني وعن فلان او اهل بيتي (والمراد بأهل البيت من تلزمه نفقته) جاز وحصل الثواب للجميع اهـ
مغني المحتاج ج: 6 ص: 137
( ولا تضحية ) أي لا تقع ( عن الغير ) الحي ( بغير إذنه ) ; لأنها عبادة , والأصل أن لا تفعل عن الغير إلا ما خرج بدليل لا سيما مع عدم الإذن . تنبيه : استثني من هذا صور : إحداها تضحية واحد من أهل البيت تحصل بها سنة الكفاية لهم كما مر وإن لم يصدر من بقيتهم إذن , وفي زيادة الروضة عن العدة : لو أشرك غيره في ثواب أضحيته وذبح عن نفسه جاز . ثانيها المعينة بالنذر إذا ذبحها أجنبي وقت التضحية فإنها تقع الموقع على المشهور في أصل الروضة , فيفرق صاحبها لحمها ; لأنه مستحق الصرف إلى هذه الجهة فلا يشترط فعله كرد الوديعة , ولأن ذبحها لا يفتقر إلى نية كما مر , فإذا فعله غيره أجزأه . ثالثا تضحية الإمام عن المسلمين من بيت المال : أي عند سعته فإنه يجوز كما قاله الماوردي , وقد تقدم الكلام على ذلك . رابعها تضحية الولي من ماله عن محاجيره كما ذكره البلقيني والأذرعي وهو ما أشعر به قول الماوردي والأصحاب , ولا تصح التضحية عن الحمل كما لا يخرج عنه الفطرة , ولا يجوز لولي الطفل والمجنون والمحجور أن يضحي عنه من ماله فأفهم جوازها عنهم من مال الولي , حيث امتنعت , فإن كانت الشاة معينة وقعت عن المضحي , وإلا فلا .

4.        Pernikahan oleh Hakim.
Seorang perempuan  punya wali  aqrob, hanya saja dia  berada di tempat yang jauh (luar negeri) dan  bersedia pulang pada waktu acara pernikahan wanita tersebut. Karena sesuatu hal hari pernikahannya  dimajukan sementara wali belum dating dan tidak member taukil pada siapapun .
Pertanyaan :
Siapa yang berhak menjadi wali dari perempuan tersebut? Hakim atau wali nasab ?

Jawaban :
Yang berhak menjadi wali adalah wali nasab yang aqrob , tetapi berhubung belum datang dan tidak member taukil  maka yang menikahkan  adalah  wali hakim , tetapi disunnahkan minta izin.
Referensi :

بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي - (ج 1 / ص 416)
(مسألة: ي): غاب وليها مسافة القصر انتقلت الولاية للحاكم لا للأبعد في الأصح، ثم ينبغي استئذانه أو الإذن له خروجاً من هذا الخلاف القائل به الأئمة الثلاثة، فلو زوج الأبعد حينئذ كان الوطء شبهة يثبت به نسب الأولاد، وتحريم المصاهرة، ومهر المثل للموطوءة والعدة، لأجل النظر واللمس والخلوة وعدم النقض، ويجب التفريق بينهما، ولواطئها العقد بها في عدته ولها المسمى حينئذ.
الباجورى الجزء الثانى…ص…105 .

( وأولى الولاة ) وأسباب الولاية بضم الواو جمع وال كقضاة جمع قاض وأسباب الولاية أربعة : الأبوة , والعصوبه المجرد عن الأبوة , والإعتاق , والسلطنة .

Kamis, 08 November 2012

Materi Bahtsul Masa’il Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama’ Kabupaten Blita


Materi Bahtsul Masa’il
Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama’ Kabupaten Blitar
Di PP. Mamba’ul hikam Mantenan Udanawu Blitar
Tanggal,        Desember 2012

1.      Politik uang
Deskripsi Masalah.
Setiap pemilihan jabatan public  terindikasi kuat selalu disertai politik uang .  Sementara jabatan sebagai  kepercayaan tanggung jawab   untuk membawa umat pada kemashlahatan dan ini harus diemban oleh orang – orang yang memiliki sifat adil jujur dan amanah.Dengan politik uang, seseorang disinyalir kuat akan melakukan penyimpang – penyimpang atau tidakan kejahatan korupsi pada waktu menjabat . Bila dilakukan kaji banding   QS al-Hujurat ayat 6 menganjurkankan  klarifikasi atas setiap informasi yang datang dari orang teridentifikasi sebagai fasiq,QS al Nur 4 menolak  kesaksian penuduh zina yang tak bisa menunjukkan saksi , doktrin sebagian fuqaha mengajarkan “anak zina” tak layak mengemban kepemimpinan sektor agama,  ini  menunjukkan bahwa orang fasiq tak layak memegang jabatan .
Pertanyaan :
  1. Apakah  money politik  termasuk katagori  perbuatan fasiq   ?
  2. Bolehkah dilakukan pemakzulan terhadap pejabat yang diputus bersalah  oleh Pengadilan tersebab telah melakukan  perbuatan fasiq  sebelum menjabat ?
 2.      Jumatan berdasarkan wilayah administrative.
Deskripsi masalah.
Pembagian wilayah administratip di Indonesia mulai dari tingkat Propinsi sampai tingkat desa/kelurahan  masing-masing memiliki kewenangan yang tidak sama yang di atur dalam undang-undang, Kemudian dibagi lagi ke dalam beberapa lingkungan, rukun warga hingga rukun tetangga yang terdiri dari beberapa kepala keluarga. Istilah-istilah ini dapat bervariasi, bergantung kepada masing-masing daerah yang menerapkannya.
Pembagian wilayah ini juga kita kenal di dalam syari’at, al balad, al qoryah, al mudun atau yang lain.wilayah-wilayah tersebut di dalam syari’at di gunakan sebagai barometer untuk melakukan praktek syari’at, seperti mendirikan sholat jum’at, zakat, rukhshoh as safar, qodlo al hukmi dll.
Pertanyaan.
  1. Bolehkah kita mendirikan sholat jum’at berdasarkan wilayah administrative yang ada di Indonesia ? dan pada tingkatan manakah (RT,RW, dukuh desa/kelurahan, kecamatan) sudah di wajibkan mendirikan jumatan ?
  2. Bagaimanakah pengertian batas daerah(سور البلد  ) dalam sholat jum’at, sehingga apabila keluar dari batas tersebut tidak masuk dalam hitungan 40 yang bisa mengesahkan jum’atan ?
 3.      Teknis Pembayaran Zakat
Deskripsi Masalah
Sebagaimana yang telah maklum di kitab-kitab fiqih bahwa harta yang terkena kewajiiban zakat apabila mencapai ukuran/jumlah tertentu (nisab). Suatu kebiasaan di masyarakat dalam menentukan nisab pertanian (padi/jagung) menggunakan perkiraan saja tanpa menimbang atau menakar terlebih dahulu pada saat panen kemudian mengeluarkan zakatnya tanpa harus membersihkannya terlebih dahulu dari padi yang tidak berisi dan kotorannya, misalnya setiap 10 zak akan langsung dikeluarkan zakatnya 1 zak (10%).
Pertanyaan:
  1. Bolehkah menentukan kadar nisab dan zakat dengan menggunakan perkiraan?
  2. Bolehkah membayar zakat pertanian dengan tanpa membersihkannya terlebih dahulu seperti tersebut di atas
 4.      Penceraian Oleh Hakim
Deskripsi Masalah :
Supono mengatur rumah tangganya dengan belanja sendiri dan memasak sendiri sehingga isterinya Markonah tidak harus belanja sendiri. Setiap bulannya Supono memberi uang isterinya Rp.40.000.- sebagai pegangan saja. Awalnya pernikahan berjalan lancar hingga kemudian dikaruniai seorang anak.  Dalam perjalanan waktu, Markonah ingin seperti ibu rumah tangga yg lain, yg bisa belanja sendiri dan memasak untuk suami, hanya Supono tidak mengizinkan. Berawal dari masalah ini, Markonah akhirnya menggugat cerai suaminya dengan alasan sudah tidak harmonis lagi dan uang sakunya tidak cukup. Dan Hakim meluluskan cerai. Didepan pengadilan, Supono bertanya kepada hakim dasar utama meluluskan gugat cerai isterinya, namun hakim tidak mampu menunjukkan kesalahannya,  karenanya Supono didepan hakim bersumpah : “Wallaahi saya tidak menceraikan Markonah.
Pertanyaan :
  1. Dalam tinjauan fiqh syafi’i maupun madzhab lain, bagaimanakah cerai yang ditetapkan hakim atas gugatan isteri ?
  2. Adakah batas minimal nafkah yg harus dipenuhkan suami atas isteri, sehingga isteri bisa menggugat suami dengan alasan nafkahnya kurang?
  3. Kapan hakam boleh ditunjuk oleh hakim untuk meng islahkan diantara keduanya?
  4. Seberapa jauh kewenangan hakam  yang ditunjuk hakim dapat memutuskan perkara shiqaq ?