Sabtu, 01 Februari 2014

Males ngaji Gemar Aurodan


1.      Males ngaji Gemar Aurodan.
Inilah yang terjadi di masyarakat kita, kecenderungan orang untuk mengikuti berbagai  amalan seperti manakiban, sholawatan, serta aurad-aurad  yang lain lebih besar dari pada mempelajari ilmu-ilmu yang fardlu ain, yang seharunya lebih di utamakan, lebih-lebih pada usia sekolah.
 Pertanyaan :
a.       Bagaimakah mengajak anak-anak untuk mengikuti kegiatan seperti dalam deskripsi , sehingga melalaikan belajar yang fardlu ain ?
b.      Bagaimanakah sikap kita seandainya ada seorang tokoh yang terus menerus mengajak anak-anak untuk mengikuti kegiatan sebagaimana dalam deskripsi dan tidak mengarahkanya untuk mengaji ?
Jawabanya :
a.       Kalau sampai Meninggalkan belajar ilmu yang fardlu (wajib) maka di haramkan. kalau tidak sampai meninggalkannya atau meninggalkan belajar ilmu yang tidak fardlu (wajib) maka boleh hanya saja tarku afdlol (meninggalkan sesuatu yang lebih utama).
Maka yang afdlol adalah belajar dulu baru setelah itu melakukan kesunnahan.
b.      Amar Ma’ruf.
Referensi :
بداية الهداية ص 9
اعلم أن أوامر الله تعالى فرائض ونوافل؛ فالفرض رأس المال، وهو أصل التجارة وبه تحصل النجاة، والنفل هو الربح وبه الفوز بالدرجات، قال صلى الله عليه وسلم: (يقول الله تبارك وتعالى: (ما تقرب إلي المتقربون بمثل أداء ما افترضت عليهم، ولا يزال العبد يتقرب إلى بالنوافل حتى أحبه، فإذا أحببته كنت سمعه الذي يسمع به، وبصره الذي يبصر به، ولسانه الذي ينطق به، ويده التي يبطش بها، ورجله التي يمشي بها).
Ketahuilah bahwa perintah Allah ada yang fardlu dan ada yang sunnah. Maka yang fardlu adalah modal, dengan modal ini akan memperoleh keuntungan.Dan Sunnah adalah keuntungan dan dengan keuntungan ini bisa memperoleh derajat, Nabi Muhammad SAW berkata : “ Allah SWT berkata : ”
Nabi Shollallaah ‘alaih wa sallam bersabda, hikayat dari Allah ‘azza wa jalla, “Para mutaqarrib (orang-orang yang mendekatkan diri pada Allah) tidak mendekatkan diri kepadaku dengan sesuatu yang lebih utama dari apa yang telah Aku wajibkan kepada mereka dan hambu-Ku terus mendekatkan diri kepada-Ku dengan ibadah-ibadah sunnah sampai Aku mencintainya. Jika Aku sudah mencintainya, Aku menjadi pendengaran, pengelihatan, lisan, tangan dan kaki baginya.
سلم التوفيق ص 18
( ويجب عليه أيضا ) أي على من مر (تعليمهما ) أي الصبي والصبية ( ما يجب عليهما ) أي وما يندب لهما من سائر شرائع الإسلام ويجب أمرهما بذلك فهو واجب في الواجب ومندوب في المندوب اهـ
Dan di wajibkan lagi kepada mereka mengajar anak-anaknnya yang kecil apa yang wajib baginya ( shobi/shobiyah) juga halnya dengan sesuatu yang sunnah bagi keduanya dari syari’at-syari’at islam, dan wajib bagi orang tua/ wali memerintah shobi shobiyah untuk melakukan syari’at tersebut, maka memerintah ini wajib atas sesuatu yang wajib, sunnah atas sesuatu yang sunnah.
جامع العلوم ص : 3
وليس له ان ينتقل الى ما هو فرض كفاية قبل اتمام ماهو فرض عين عليه والى ما هو ليس بفرض قبل اتمام ما هو فرض عليه
Tidak di perbolehkan bagi mukallaf kepada yang fardlu kifayah sebelum sempurna yang fardlu ain dan kepada sesuatu yang sunnah/selain fardlu sebelum menyempurnakan yang fardlu.
تحفة المحتاج الجزء العاشر ص: 210
(تنبيه) ينبغي أن يكون من الكبائر ترك تعلم ما يتوقف عليه صحة ما هو فرض عين عليه لكن من المسائل الظاهرة لا الخفية
Baiklah di katakan termasuk dosa besar meninggalkan belajar sesuatu yang menjadikan sahnya fardlu  ain baginya akan tetapi dari masalah yang dhohir bukan yang khofi.
Begitu juga referensi kitab-kitan lain :
إحياء علوم الدين - (ج 1 / ص 14)
واختلف الناس في العلم الذي هو فرض على كل مسلم فتفرقوا فيه أكثر من عشرين فرقة ولا نطيل بنقل التفصيل ولكن حاصله أن كل فريق نزل الوجوب على العلم الذي هو بصدده إلى أن قال .....وبكيفية الوجوب
 والذي ينبغي أن يقطع به المحصل ولا يستريب فيه ما سنذكره وهو أن العلم كما قدمناه في خطبة الكتاب ينقسم إلى علم معاملة وعلم مكاشفة وليس المراد بهذا العلم إلا علم المعاملة والمعاملة التي كلف العبد العاقل البالغ العمل بها ثلاثة اعتقاد وفعل وترك فإذا بلغ الرجل العاقل بالاحتلام أو السن ضحوة نهار مثلا فأول واجب عليه تعلم كلمتي الشهادة وفهم معناهما وهو قول لا إله إلا الله محمد رسول الله وليس يجب عليه أن يحصل كشف ذلك لنفسه بالنظر والبحث وتحرير الأدلة بل يكفيه أن يصدق به ويعتقده جزما من غير اختلاج ريب واضطراب نفس وذلك قد يحصل بمجرد التقليد والسماع من غير بحث ولا برهان إذ اكتفى رسول الله صلى الله عليه و سلم من أجلاف العرب بالتصديق والإقرار من غير تعلم
فإذا فعل ذلك فقد أدى واجب الوقت وكان العلم الذي هو فرض عين عليه في الوقت تعلم الكلمتين وفهمهما وليس يلزمه أمر وراء هذا في الوقت بدليل أنه لو مات عقيب ذلك مات مطيعا لله عز و جل غير عاص له وإنما يجب غير ذلك بعوارض تعرض وليس ذلك ضروريا في حق كل شخص بل يتصور الانفكاك وتلك العوارض إما أن تكون في الفعل وإما في الترك وإما في الاعتقاد اهـ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar