Kamis, 28 Februari 2013

ASILAH PUTARAN 1 2013


ASILAH BAHTSUL MASAIL PUTARAN 1  ►► Januari   2013

1.      Menunda Pembagian Warisan.
Seorang meninggal dunia, harta peninggalanya tidak langsung di bagi, ada yang  menunggu sampai 1000 hari, bahkan ada yang tidak di bagi selama ibunya masih hidup dan baru akan di bagi setelah ibunya meninggal.
Pertanyaan :
a.       Bagaimanakah hukum menunda pembagian warisan seperti dalam diskripsi di atas ?
b.      Apakah di benarkan jika ada orang yang beranggapan bahwa ketika ibunya masih hidup harta peninggalan suami belum boleh di bagi ?
c.       Ketika sang ayah semasa hidupnya sangat membenci salah satu anaknya dan dia sempat mengatakan “ Kamu tidak akan saya beri warisan !!! “ apakah sepeninggal ayah, anak tersebut tidak berhak mendapat warisan ?
2.      Orang buta haji amanah.
Seorang di taqdirkan oleh Allah tidak bisa melihat alias buta, dalam kehidupan sehari-hari juga berjalan secara normal, dan aktif mengikuti kegiatan kemasyarakatan yasinan, pengajian dengan bantuan orang. Belakangan di ketahui bahwa dia telah mendaftarkan dirinya untuk haji , namun hanya haji amanah.
Pertanyaan :
Apakah di perbolekan mengamanahkan haji karena alasan kebutaan?
3.      Pakaian serba hitam saat ta’ziah & adzan sebelum jenazah di berangkatkan.
Banyak kejadian di masyarakat ketika kita cermati, perlu adanya kejelasan dasar hukumnya di antaranya pakaian serba hitan saat ta’ziah, adzan sebelum jenazah di berangkatkan, dan bahkan terjadi di suatu daerah seorang  tokoh tidak mau mensholati jenazah sebelum meminta persetujuan kepada para penta’ziah untuk memaafkan jenazah.
Pertanyaan :
  1. Adakah keterangan secara syar’i berpakaian serba hitam saat ta’ziah ? dan bagaiman hukumnya ?
  2. Adakah dasar mengadzani jenazah saat akan di berangkatkan menuju pemakaman ? dan bagaimana hukumnya ?
  3. Apakah di benarkan sikap seorang tokoh yang tidak mau mensholati jenazah sebelum meminta persetujuan untuk memaafkan jenazah ?
  4. Afdlol mana sholat jenazah yang di laksanakan tiga gelombang dengan jamaah masing 35 orang dengan di jadikan satu gelombang dengan jama’ah sebanyak 105 orang ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar